APA ITU TENSES? | EDUPACINDONESIA.COM

Tenses bisa dimengerti sebagai sebuah kategori tata bahasa (grammar) yang menekankan pada penggunaan verb (kata kerja) yang dikaitkan dengan waktu penggunaannya. Dengan kata lain, seorang penutur atau pengguna bahasa Inggris diharapkan memperhatikan atau mempertimbangkan konteks waktu dari hal yang akan disampaikan sebelum menggunakan verb tertentu dalam kalimat atau pernyataannya. Contoh, penggunaan kata kerja went pada kalimat I went to Bali last week dianggap tepat karena verb tersebut merupakan bentuk lampau (past) dari kata kerja go. Keputusan untuk menggunakan bentuk lampau tersebut ditentukan oleh keberadaan kata keterangan yang merujuk pada waktu lampau, yakni last week (pekan lalu).

Untuk mengerti lebih jauh mengenai tenses, hal paling mendasar yang perlu dipahami pertama kali adalah mengenai pembagian waktu. Bahasa Inggris mengiris waktu menjadi 3 bagian, yaitu: past (lampau), present (kini), dan future (masa depan). Perlu ditegaskan bahwa yang dimaksudkan past tidak harus merujuk pada konteks masa lalu yang jauh, seperti puluhan tahun atau berabad-abad yang lalu, karena sesungguhnya apa yang telah berlalu 1 detik yang lalu juga dianggap sebagai past. Begitu pula future, masa depan yang dimaksudkan dalam suatu pernyataan tidak melulu: nanti, besok, pekan depan, bulan depan, dan beberapa tahun mendatang; tapi juga apa yang akan terjadi sebentar lagi atau bahkan sedetik lagi.

Di bawah ini merupakan bagan ilustrasi tenses disertai dengan pola-pola susunan kalimat yang dapat dimanfaatkan untuk memahami konsep waktu dalam bahasa Inggris ketika menggunakannya.

.

TENSES PAST PRESENT FUTURE
Simple ·    S + V2

·    S + was/were + N/Adj/Adv

·    S + V1(-s/-es)

·    S + am/is/are + N/Adj/Adv

·    S + will + V1

·    S + will be + N/Adj/Adv

Continuous (Progressive) S + was/were + V-ing S + am/is/are + V-ing S + will be + V-ing
Perfect ·    S + had + V3

·    S + had been + N/Adj/Adv

·    S + has/have + V3

·    S + has/have been + N/Adj/Adv

·    S + will have + V3

·    S + will have been + N/Adj/Adv

Perfect Continuous (Perfect Progressive) S + had been + V-ing S + has/have been + V-ing S + will have been + V-ing

 

*CATATAN: S = Subject, V = Verb, V1 = infinitive, V2 = past, V3 = past participle, V-ing = present participle, N = Noun, Adj = Adjective, Adv = Adverb

 

Berdasarkan tabel di atas, dapat ditarik kesimpulan-kesimpulan sebagai berikut:

 

  1. Apabila suatu susunan kalimat mengandung unsur continuous atau progressive, baik continuous ataupun perfect continuous, maka verb yang digunakan adalah V-ing.
  2. Apabila suatu susunan kalimat mengandung unsur continuous atau progressive, baik continuous ataupun perfect continuous, maka V-ing yang akan digunakan didahului dengan be: am/is/are (untuk present), was/were (untuk past), dan been (untuk perfect continuous)
  3. Apabila suatu susunan kalimat mengandung be (am/is/are/was/were/been), jenis-jenis kata yang bisa mengikutinya adalah: V-ing, Noun, Adj, Adv, dan V3
  4. Apabila suatu susunan kalimat mengandung unsur perfect, baik perfect ataupun perfect continuous/progressive, maka verb yang digunakan adalah V3 yang didahului dengan had (untuk past), has (untuk present dengan subject yang singular/tunggal) atau have (untuk present dengan subject yang plural/jamak). Sedangkan untuk future hanya menggunakan have yang didahului dengan kata will.
Isi Form berikut ini & dapatkan
Konsultasi Gratis