Berikut Cara Lain Mendapatkan Beasiswa Sekolah ke Luar Negeri

Ada bermacam cara untuk mendapatkan beasiswa sekolah ke luar negeri. Kamu dapat memperoleh kesempatan belajar di Inggris, misalnya, dengan beasiswa sekolah ke luar negeri. Namun, apabila belum sempat memperoleh beasiswa, ada cara lain yang juga bermanfaat untuk karier dan studimu ke depan. Cara-cara berikut ini dapat kamu coba selagi menunggu beasiswa yang tepat.

1. Pertukaran Pelajar (Student Exchange)

Bagi para siswa, pertukaran pelajar merupakan salah satu jalan terdekat untuk merasakan sekolah di luar negeri. Apalagi jika kamu salah satu pelajar berprestasi di kampus atau sekolah yang menyediakan program student exchange. Selain pertimbangan ekstra, seperti organisasi, kepribadian, dan keahlian khusus, nilai akademismu harus memenuhi syarat minimal.

2. Summer Course

Jika belum berkesempatan mendapatkan beasiswa sekolah ke luar negeri, kamu dapat mengikuti kelas khusus ini selama 1 hingga 6 bulan. Meskipun bukan mempelajari ilmu akademis, kamu dapat belajar kebudayaan dan bahasa negara yang bersangkutan. Sertifikat yang diberikan kelak akan bermanfaat dalam membantumu memperoleh beasiswa.

3. Volunteer Program

Dengan melakukan kegiatan sukarela dalam volunteer program, kamu tak hanya berkontribusi untuk sesuatu yang bernilai. Peranmu ini kelak akan membantu ketika memasuki dunia karier. Di samping itu, volunteer program merupakan pijakan untuk belajar ke luar negeri.

Demikian beberapa cara selain beasiswa untuk sekolah ke luar negeri. Kamu dapat memilih salah satu cara yang paling bisa dilakukan sekarang. Sembari menunggu jadwal yang tepat, maksimalkan kemampuan berbahasa Inggris-mu.

Tak cukup memperoleh beasiswa, kamu juga perlu mempersiapkan keperluan utama seperti bahasa, mengingat komunikasi akan memperlancar studimu di luar negeri kelak. Kompetensi bahasa Inggris yang sudah kamu kuasai akan dibuktikan melalui assessment berbentuk TOEFL test, IELTS, atau yang bertujuan spesifik seperti GMAT, GRE, dan SAT.

Nilai tes yang baik turut menentukan kesiapanmu belajar di luar negeri. Karena itu, pastikan kursus test preparation yang kamu pilih tepercaya dan berpengalaman, misalnya Edupac Kaplan. Di Edupac, kamu dapat memilih berbagai kelas program berpendekatan inovatif dengan menyertakan simulasi tes online sesuai aslinya.

Isi Form berikut ini & dapatkan
Konsultasi Gratis