3 Tips Lancar Menghadapi Tes Listening IELTS

Tes IELTS memiliki empat pembagian tes, salah satunya Listening. Setiap tesyang diadakan memiliki durasi waktu yang berbeda-beda, seperti tes Listening mempunyai durasi waktu sebanyak 40 menit dan memiliki 4 section dengan total pertanyaan sebanyak 50 pertanyaan. Setiap bagian memiliki perbedaan. Pada bagian pertama cenderung berbicara mengenai pertanyaan sehari-hari juga pada bagian ketiga berbicara mengenai pertanyaan yang cenderung lebih ke arah akademisi. Pada bagian kedua dan keempat berupa pertanyaan monolog.

Tes Listening yang dilakukan akan memiliki tingkat kesukaran yang berbeda-beda setiap section-nya. Maka dari itu, perlu upaya kita juga untuk dapat memberikan hasil yang maksimal pada section Listening ini. Lalu, bagaimana tips yang tepat agar mudah mengerjakan tes listening tersebut?

Tips yang paling utama yakni dengan membiasakan banyak mendengar melakukan perbincangan dalam bahasa inggris. Tanpa pengulangan, kalian wajib mendengarkan dan memperhatikan dengan baik apa yang dibicarakan saat tes berlangsung. Perlu pembiasaan pada pendengaran kita terhadap perbincangan dengan penggunaan bahasa inggris. Berikut 3 cara yang dapat membantu kamu lebih fasih dan siap dalam menghadapi tes Listening saat ujian IELTS berlangsung.

  • Menonton Siaran Televisi

Hal yang paling mudah diakses untuk mendengarkan percakapan bahasa Inggris melalui siaran luar negeri di televisi. Siaran yang cukup banyak membantu yakni mendengarkan siaran berita luar negeri dengan bahasa Inggris. Karena, para pembawa berita menggunakan bahasa yang baku dan memiliki kecepatan berbicara yang hampir sama dengan tes listening. Selain siaran berita, bisa juga dengan film dan serial televisi.

  • Berlatih dengan Media Sosial/Online

Banyak sarana media sosial yang dapat digunakan untuk melatih skill Listening kita, salah satunya YouTube. YouTube merupakan platform media pengunggah video gratis terbesar saat ini. Dengan YouTube kita bisa belajar dari video-video mengenai IELTS preparation test listening dengan referensi yang sangat banyak dan mudah untuk didapatkan.

  • Mempersiapkan Buku IELTS Preparation 

Buku IELTS preparation dapat banyak ditemui di toko buku maupun online book store. Buku jelas lebih memiliki ilmu yang lengkap dan sangat mobile untuk dikerjakan, di mana pun dan kapan pun kalian ingin belajar. Belilah buku yang lengkap dengan CD Audio tambahan agar mengerjakan lebih jelas dan mudah dimengerti.

 

Sekian tiga tips cara mudah untuk kamu yang akan melakukan IELTS dan lebih matang dalam tes listening. Rajin berlatih dan jangan lupa berdoa agar tes dapat dikerjakan dengan maksimal. Sukses!

Isi Form berikut ini & dapatkan
Konsultasi Gratis