Tips Meningkatkan Skor IELTS dengan Membaca

Tes IELTS terdiri dari beberapa jenis pertanyaan yang mengacu pada passages. Rata-rata siswa yang mengikuti IELTS mengalami hambatan saat mengerjakan pertanyaan. Namun, jangan pasrah begitu saja. Ada kok cara-cara sederhana yang bisa kamu coba latih sebelum ikut tes. Ya, anggap saja IELTS preparation mandiri.

Skimming dan Scanning

skimming, membaca seluruh passage kemudian mencari topik umumnya sebaiknya dilakukan sebelum menjawab pertanyaan. Langkah ini dilakukan hanya untuk mendapatkan topik dan tahu isinya. Jadi, kamu tak perlu memahami setiap passage yang tertulis. Beri perhatian lebih pada kata kunci dan parafrasanya dalam passage. Lihat tanda-tanda khusus, baik itu judul, heading, kata yang dimiringkan, digarisbawahi, gambar, grafik, dan tabel. Dengan begini, saat akan menjawab pertanyaan kamu bisa scanning atau menemukan informasi lebih cepat karena sudah membaca keseluruhan passage.

Pahami Tiap Jenis Pertanyaan

Dalam IELTS kamu akan berhadapan dengan 14 tipe pertanyaan berbeda. Jadi, kamu perlu strategi berbeda agar berhasil. Kamu bisa belajar keempat belas jenis pertanyaan tersebut secara online atau lihat di sini.

Perhatikan Timing—Jangan Terlalu Fokus pada Satu Passage

Saran Edupac, jangan membaca setiap kata dalam passage. Latihan membaca secara cepat supaya saat tes nanti kamu tidak kesulitan. Sudah tahu kan ada berapa tipe pertanyaan dalam IELTS? Nah, kembali ke poin “Skimming dan Scanning” untuk mulai mengasah kemampuan membaca cepat.

Jika kamu tidak mengetahui jawaban dari suatu pertanyaan, coba kerjakan tapi jangan berlama-lama

Pada dasarnya, pertanyaan dalam IELTS cenderung mengetes kemampuanmu menemukan jawaban pada informasi spesifik. Kecuali tipe mencocokkan headings dan memilih judul, pertanyaan lainnya mengacu pada passage. Jika kamu mendapati diri stuck pada satu pertanyaan, lebih baik jangan berlama-lama karena masih ada banyak pertanyaan lain yang bisa kamu jawab dengan benar.

Perbanyak Vocabulary

Memperkaya vocab bukan cuma mengetahui arti dari sebuah kata, tapi juga tahu kapan kata itu bisa digunakan dan tidak. Jika kamu familier dengan collocation (kata sanding), ini akan berguna saat memutuskan apa kata itu bisa digunakan bersama. Saat mempelajari kata baru, sertakan juga parafrasanya.

Hal-hal Lain yang Wajib Kamu Lakukan

Selain IETLS preparation dasar tersebut, rencanakan waktu untuk berlatih IELTS reading. Tips tersebut akan lebih optimal jika kamu mengikuti kursus bahasa Inggris khususnya yang menyediakan test preparation. Edupac-Kaplan di Jakarta dan Surabaya membuka kelas IELTS preparation yang bisa kamu jadikan tempat belajar untuk hasil yang memuaskan.

Isi Form berikut ini & dapatkan
Konsultasi Gratis