GRE atau GMAT? Tips Memilih Tes untuk Melanjutkan Jenjang Magister

Kamu sudah mengantongi ijazah kelulusan S-1 kemudian ingin masuk sekolah bisnis dan manajemen. Sebelum itu, kamu perlu lulus seleksi tes magister, GMAT atau GRE. Sekolah bisnis dan manajemen merupakan salah satu tujuan yang banyak dipilih karena bidang ini bisa menjadi jalan mengembangkan usaha mandiri kelak.

Apabila kamu ingin melanjutkan S-2 ke luar negeri, ada dua jenis tes yang bisa dipilih: GMAT dan GRE. Keduanya merupakan tes seleksi masuk S-2, dengan kepentingan berbeda. GMAT wajib diikuti di hampir semua sekolah bisnis di luar negeri, sedangkan GRE wajib diikuti untuk semua program studi termasuk studi.

Nah, mengingat ada lebih dari satu pilihan dan kamu bingung memutuskan mana yang sesuai, ikuti tips Edupac berikut ini.

  1. Ketahui Batas Skor Kemampuanmu

Tes GMAT memiliki skor maksimal 800, sedangkan GRE 340. Satu cara untuk mengetahui secara efektif adalah menguji diri sendiri dengan mengerjakan tes latihan. Dengan kata lain, ikutilah kursus GRE atau GMAT preparation yang menyediakan tes prediksi. Terdengar menyita waktu? Ya, tapi ini satu-satunya cara untuk mengukur kemampuanmu pada dua jenis tes tersebut.

  1. Kenali Seluk-beluk Tes Masing-masing

GMAT dan GRE secara umum memiliki kesamaan, antara lain membutuhkan waktu pengerjaan 3,5-4 jam, menggunakan sistem komputer, dan sama-sama menilai kemampuan verbal, kuantitatif, dan menulis melalui sejumlah tipe pertanyaan. Namun, keduanya juga punya perbedaan. Boleh dibilang, GRE cenderung menekankan pada kemampuan verbal dan analitis, sedangkan GMAT menekankan pada kemampuan kuantitatif. Demikian pun dari syarat pengerjaan, GRE mengharuskanmu menulis dua esai, sedangkan GMAT hanya satu.

Kenali lebih lanjut mengenai kedua tes bahasa Inggris ini dari tutor GRE atau GMAT preparation di tempat kursusmu.

  1. Kenali Kemampuan Diri Sendiri

Kedua tes tersebut sangat penting sebagai tolak ukur penilaian kandidat mahasiswa di sekolah yang dituju. Karena itu, penting adanya mengetahui kemampuanmu sendiri. Hasil skor yang kamu terima bisa memperlengkap resume, transkrip, dan pengalaman kerja dalam lamaran pengajuan magister. Pahami kekuatan dan kelebihanmu dari lamaran ini dan pilih tes yang menutupi kekuranganmu sekaligus memperkuat kualifikasimu. Sebagai contoh, jika lamaranmu menunjukkan kemampuan verbal lebih kuat, seimbangkan dengan nilai lebih pada kemampuan kuantitatif.

Jika kamu masih bingung menentukan pilihan, temukan dulu kelas kursus bahasa Inggris yang menyediakan program GMAT preparation dan GRE preparation. Salah satu pionir kursus ini adalah Edupac Kaplan. Kelas program GMAT Preparation bukan hanya tersedia di Jakarta, melainkan juga di Surabaya. Selamat mencoba!

Isi Form berikut ini & dapatkan
Konsultasi Gratis