GRE Preparation: Membuat Flash Card Sendiri

Pada tips sebelumnya kamu sudah tahu cara agar lulus tes verbal GRE. Dalam tes GRE, kamu akan mengerjakan satu section berupa pertanyaan berjenis text completion (sentence completion). Sesuai namanya, pertanyaan ini dikerjakan dengan memilih satu jawaban benar untuk titik-titik kosong.

Contoh: As the employee’s motives were found to be _______, no disciplinary action will be taken against him for the mistake.
A. absurd             B. gratuitous      C. improvised    D. benign

Menjawab tipe pertanyaan ini tidak terlalu sulit jika kamu memiliki vocabulary yang luas. Namun, tak perlu khawatir kalau vocabulary-mu sekarang masih biasa-biasa saja. Ada satu alat bantuan belajar GRE preparation untuk ini: flash cards.

Kenapa Flash Card Bisa Membantumu Menghafal Kata Baru

Seiring perkembangan zaman, latihan GRE preparation kini terkomputerisasi, entah dalam bentuk kursus online, atau aplikasi hp. Namun, yang tersimpel dan termurah adalah kartu seukuran 7×12 cm (ini ukuran standar saja, kalau kamu lebih suka yang lebih kecil, silakan). Flash card punya beberapa sisi positif:

  1. Murah
  2. Fokus
  3. Tidak tergantung pada baterai
  4. Ukurannya bisa dibuat sesuai kemauan

Kamu tak harus membeli flash card karena sebenarnya ini bisa dibuat sendiri.

Cara Membuat GRE Flash Card

Membuat flash card sendiri cukup mudah. Kamu hanya perlu menyediakan bahan-bahan, seperti kertas karton atau kertas apa pun yang tak mudah sobek. Tulis kata yang ingin kamu hafal pada sisi satu dan tulis definisinya di sisi satu lagi. Supaya jelas, tulis konteksnya, sinonim, antonim, atau bahkan asal katanya.

Berlatih

Ambil satu bahan bacaan. Temukan dan catat kata-kata yang belum kamu ketahui definisinya ke dalam flash cards. Setelah selesai pasti ada setumpuk flash cards buatanmu. Dengan tumpukan flash card yang ada, cobalah mengetes diri sendiri. Ambil satu kartu, lihat sisi depannya (yang bertulisan) kemudian sebutkan definisinya. Kalau kamu benar, letakkan kartu ini di terpisah dari tumpukan kartu. Kalau salah, kembalikan ke tumpukan aslinya. Beri nama tumpukan ini “I Don’t Know” atau apa untuk memudahkanmu memisahkannya.

Flash card tidak bisa membantumu sepenuhnya dalam GRE preparation. Ingat, ini hanya alat bantuan yang bisa kamu letakkan di tas dan dibawa-bawa. Jadi, sewaktu-waktu punya waktu luang, bacalah paling tidak 5-10 menit.

Keterampilan mengerjakan test GRE bisa dibantu dengan mengikuti kelas program GRE Preparation Edupac-Kaplan di Jakarta atau Surabaya. Di sini kamu akan diajarkan bagaimana cara sesungguhnya menguasai GRE supaya lulus dengan nilai optimal. Tetap, kalau kamu sudah berhasil di kelas Kaplan, jangan lupakan flash cards-mu ya.

Isi Form berikut ini & dapatkan
Konsultasi Gratis