Kaplan GMAT Tips: 3 Cara Mnemonic untuk Menghafal

Secara teori, GMAT diperuntukkan mengukur kemampuan, mulai dari kemampuan menulis analitis hingga penalaran. Selagi kamu menunggu tes seleksi masuk sekolah bisnis-manajemen di luar negeri, kamu bisa mencicil belajar sendiri. GMAT preparation yang kamu lakukan ini mungkin sederhana tapi akan bermanfaat saat tes dikerjakan dan diselesaikan dengan baik.

Belajar untuk GMAT mengharuskanmu mengulang sejumlah informasi dalam waktu relatif singkat. Memang mengulang dengan cara menghafal dapat membantu menyerap pelajaran. Namun, menjejalkan aturan, latihan, dan metode ke dalam otak bisa membuatmu kewalahan. Lantas, bagaimana supaya pelajaran yang kamu terima tidak cepat terlupakan?

Coba mnemonic.

Mnemonic dibentuk dari pola yang berbeda, dalam bentuk huruf, ide, atau asosiasi yang membantumu mengingat sesuatu. Utamanya, mnemonic membantu memori menciptakan skenario untuk memanggil kemudian menggunakan informasi secara mudah.

Ada beberapa tipe mnemonic untuk menghafal, tetapi berikut ini tipe yang paling populer digunakan.

Akronim
Singkatan huruf pertama sebuah kata atau kumpulan frasa bisa membantu permudah mengingat konjungsi (kata sambung) bahasa Inggris. Contoh, menghafal konjungsi (kata sambung) ‘for’, ‘and’, ‘nor’, ‘but’, ‘or’, ‘yet’, dan ‘so’. Singkatan apa yang terpikirkan? FANBOYS salah satunya. Dengan kejelian mungkin kamu dapat membuat singakatan lainnya.

Potongan Kata
Trik ini bisa berguna untuk menghafal angka seperti nomor telepon yang kamu lihat dalam teks. Digit nomor yang banyak bisa kamu pecah menjadi beberapa bagian. Misalnya, ada 11 digit nomor. Pecah menjadi 3 atau 4 grup nomor agar lebih mudah diingat. Ketika ada pertanyaan yang berhubungan dengan nomor ini, kamu bisa menjawabnya tanpa mencari lagi.

Perumpamaan Visual
Ketika akronim ataupun potongan kurang berhasil, menggunakan perumpamaan secara visual (asosiasi) mungkin bisa membantu. Dengan membayangkan sebuah objek yang kamu sukai atau malah benci, kamu sudah memberi sentuhan personal yang akan membantu menghafal data.

Untuk membuat perumpamaan visual, coba pikirkan terlebih dahulu kata apa yang saya dapat dari kata-kata ini? Setelah menemukan satu kata yang catchy—usahakan dalam bentuk benda berwujud—bayangkanlah kata itu.

 

Jika ketiga cara tersebut kurang berhasil membantumu menghafal tata bahasa baik untuk GMAT preparation atau lainnya, ikuti kelas khusus bahasa Inggris. Di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya kamu bisa memilih Kaplan Edupac yang tak hanya mengajarkan bahasa Inggris dari segi bahasa, tetapi juga pengajaran yang inovatif. Ditambah, kelas kecil terdiri dari beberapa orang yang memungkinkanmu belajar lebih personal dan akrab.

Isi Form berikut ini & dapatkan
Konsultasi Gratis