Tips Menjawab Pertanyaan dalam Reading Comprehension GMAT

Program Kaplan GMAT preparation bisa menjadi langkah awal menuju sekolah bisnis-manajemen di luar negeri. Edupac pernah membahas artikel tentang struktur soal GMAT yang salah satunya berupa Verbal Reasoning. Sekadar mengingat, dalam Verbal Reasoning, kamu akan dihadapkan pada serangkaian tes membaca (reading comprehension), mengoreksi kalimat (sentence correction), dan berpikir kritis (critical reasoning).

Saat memulai GMAT Preparation, tepatnya GMAT Reading Comprehension (RC), mungkin bacaan panjang sedikit memakan waktu sehingga lebih memilih bacaan pendek. Terkadang bacaan panjang cenderung lebih disukai peserta karena lebih mudah menjawab pertanyaan yang spesifik dan detail. Di lain sisi, bacaan pendek cenderung memuat informasi umum dan tidak mendetail. Ini bisa jadi menyulitkan untuk menjawab pertanyaan yang spesifik. Bagaimanapun, kamu tetap bisa mengerjakan section RC ini dengan mudah dan kritis. Terapkan tiga trik berikut ini.

  1. Baca Keseluruhan Bacaan dan Catat Gagasan Utama

Bacaan pada section ini biasanya dibuat dalam satu atau dua paragraf. Jika bacaan yang digunakan dalam tes berupa satu paragraf, carilah kata-kata struktural. Pertama-tama bacalah keseluruhan teks untuk memahami susunan isi paragraf. Biasanya, gagasan utama teks paragraf ditemukan dalam beberapa kalimat pertama. Saat itulah, catat temuanmu.

  1. Perhatikan Kata-kata Struktural dan Informasi Setelahnya

Kata struktural yang dimaksud termasuk determiner, preposition, conjunction, dan pronoun. Selanjutnya, cobalah melakukan skimming (membaca sekilas) ke seluruh badan teks dan perhatikan kata tertentu, semisal kata sambung “however…” atau “…yet”. Berfokus pada kata-kata ini akan membantu memahami urutan isi keseluruhan paragraf. Selain itu, perhatikan hingga akhir bacaan untuk menemukan ringkasan, informasi dalam opini penulis, atau simpulan.

  1. Perhatikan Dua Kalimat Pertama pada Paragraf Kedua

Prosedur nomor 1 dan 2 sebaiknya diterapkan kembali pada paragraf kedua. Sebagai tambahan, perhatikan dua kalimat pertama pada paragraf kedua ini. Beri perhatian khusus pada kalimat ketiga jika terdapat kata sambung oposisi (but, although, whereas, nevertheless).

 

Selain mencoba tiga cara di atas, kamu bisa memperkuat kemampuan berbahasa Inggris khususnya kelas Kaplan GMAT preparation. Program kelas Kaplan GMAT preparation mengajarkan bagaimana kamu lulus soal-soal GMAT melalui pengajaran yang mendalam. Kaplan berpengalaman lebih dari 78 tahun. Dengan pengajar native speaker yang berpengalaman, bukan tak mungkin skor GMAT-mu melebihi 600.

Isi Form berikut ini & dapatkan
Konsultasi Gratis