Apa Saja yang Perlu Dilatih untuk Reading Test TOEFL Preparation?

Sebagai bagian dari TOEFL Preparation, tak ada salahnya kamu berlatih sendiri di rumah. Apabila ini kali pertamamu mengikuti tes TOEFL, kenali beberapa jenis section yang akan dikerjakan dalam durasi tertentu, yaitu Listening, Reading, Speaking, dan Writing. Tiap-tiap section memiliki batas waktu pengerjaan yang terdiri atas sejumlah pertanyaan. Misalnya, Reading section harus dikerjakan dalam waktu 60-80 menit. Mengerjakan section ini bisa dibilang cukup menguras waktu, tetapi kamu dapat mengatasinya dengan rajin berlatih dan familier dengan TOEFL Preparation khususnya reading.

Jika kamu berniat mengikuti tes TOEFL dalam waktu dekat, tips berikut akan membantumu mulai.

  1. Membaca Teks Bahasa Inggris Setiap Hari

Practice makes perfect. Jangan pernah lelah berlatih setiap hari karena dapat membiasakan otakmu dengan kosakata bahasa Inggris. Cobalah terapkan membaca teks bahasa Inggris setiap hari selama beberapa jam, seperti artikel dan buku. Membaca teks pada medium yang berbeda akan memperkaya vocabulary, idiom, dan istilah-istilah penting dalam bahasa Inggris.

  1. Berlatih Membaca Secara Skimming

Membaca kalimat lengkap merupakan keasyikan tersendiri bagi kamu yang suka membaca. Namun, dalam mengerjakan tes TOEFL kamu tak perlu membaca secara detail. Skimming atau membaca sekilas sebelum membaca keseluruhan dapat membantumu. Tak perlu membaca seluruh teks, cukup sekilas-sekilas saja kemudian kembali membaca keseluruhan dengan lebih pelan. Dengan begini, kamu akan menemukan key points dari yang dibaca.

  1. Beri Perhatian pada Gagasan Utama Bacaan

Biasanya, gagasan utama diletakkan pada paragraf pertama, di awal kalimat. Selain itu, perhatikan juga fakta, seperti nomor dan tanggal.

  1. Ikut Program Test Preparation TOEFL

Kamu bisa melakukan TOEFL preparation sendiri dengan cara-cara tersebut. Namun, akan lebih efektif apabila kamu mengambil kelas khusus yang mengajarkan TOEFL Preparation atau TOEFL iBT. TOEFL iBT adalah tes terpopuler untuk bahasa Inggris Amerika Utara. Tes ini dikerjakan secara online di website pengujian seluruh dunia.

Kaplan Edupac adalah salah satu institusi yang menyelenggarakan program kursus untuk TOEFL iBT dan dapat diikuti siswa mulai usia 14 tahun. Di kelas ini, kamu akan dilatih untuk mengerjakan soal reading, writing, listening, dan speaking. Ditambah, latihan soal dan tes simulasi online.

Jadi, apa lagi yang kamu tunggu? Persiapkan kemampuan bahasa Inggris terutama reading sejak sekarang.

Isi Form berikut ini & dapatkan
Konsultasi Gratis