Jangan Lupakan 3 Dokumen Penting untuk Memperoleh Scholarship ke Luar Negeri

Scholarship ke luar negeri dapat diperoleh dari beberapa pihak, yakni pemerintah, swasta, universitas, dan kebudayaan atau olahraga. Scholarship yang berbeda-beda sumber ini memiliki satu tujuan yang sama: memberikan kesempatan luas untuk belajar di negeri orang. Jika kamu bersungguh-sungguh ingin memperoleh scholarship ke luar negeri, jangan lupakan ketiga dokumen berikut.

  1. Nilai IPK atau Rapor

Dalam seleksi mahasiswa baru di luar negeri, nilai kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL dan IELTS) bukan satu-satunya syarat. Umumnya, universitas teratas di sana juga menyeleksi menurut ranking dan nilai di rapor, minimal 7.5 atau IPK minimal 3.0. Universitas juga akan mempertimbangkan mata pelajaran yang sesuai dengan jurusan pilihanmu.

  1. Skor Tes TOEFL atau IELTS

Selain memperhatikan nilai rapor atau IPK, selanjutnya kamu perlu menyertakan hasil tes IELTS atau TOEFL. Kedua tes kemampuan berbahasa Inggris ini wajib sebab kamu mendaftar ke perguruan tinggi di negara yang mayoritas berbahasa Inggris, misalnya Amerika Serikat, Inggris, Australia, Selandia Baru, dan sebagainya. Skor minimum yang harus dipenuhi yaitu 6.0 (IELTS) dan 550 (TOEFL paper-based), tapi sebaiknya kamu pastikan dengan universitas tujuan terlebih dahulu.

  1. Visa

Dokumen yang satu ini wajib kamu miliki saat studi di luar negeri. Visa dikeluarkan oleh negara dan memungkinkan masuk atau tinggal di negara yang bersangkutan selama waktu tertentu. Dengan visa, berarti kamu punya bukti izin masuk ke negara itu. Visa F dan M dibutuhkan untuk pelajar.

Permohonan visa dapat diajukan ke kantor kedutaan negara tujuanmu di Indonesia. Beberapa langkah melengkapi visa, yaitu:

  1. mengisi formulir (diambil di kedutaan atau download) dan mempersiapkan dokumen wajib, seperti fotokopi ID, paspor, bukti diterima di universitas tertentu, dan lain-lain.
  2. Menyerahkan formulir dan dokumen tersebut ke kantor perwakilan atau kedutaan negara tujuan.
  3. Membayar biaya visa.
  4. Melakukan wawancara visa (bila diperlukan).

 

Demikian dokumen penting yang patut kamu siapkan untuk menjelang pengajuan scholarship ke luar negeri. Selain ketiga syarat tersebut, kamu juga perlu mempersiapkan CV yang akan menunjukkan aktivitas dan prestasimu di sekolah, juga statement of purpose yang akan memantapkan pengajuan scholarship saat wawancara nanti.

Kemampuan bahasa Inggris yang akan mendorong skor TOEFL atau IELTS sebaiknya dipoles sejak sekarang. Kamu bisa mendaftar di Edupac Kaplan, memilih salah satu program test preparation-nya, atau untuk ini kamu bisa pilih TOEFL preparation program. Kaplan Test Prep Online akan membantu skor TOEFL kamu mencapai lebih dari batas minimum persyaratan sehingga memperoleh scholarship ke luar negeri bukan lagi impian.

Isi Form berikut ini & dapatkan
Konsultasi Gratis