Ingin Melanjutkan Studi ke Luar Negeri? Persiapkan Diri untuk Tes Ini!

Berhasil melanjutkan studi ke luar negeri punya kebanggaan tersendiri. Bukan sebagai ‘pajangan’ dalam CV-mu saat melamar pekerjaan, tapi mengenyam studi ke luar negeri membuatmu merasakan langsung kualitas pendidikan di luar sana. Selain itu, kamu bisa merasakan pengalaman berharga karena kamu bukan sekadar belajar akademis melainkan juga kultur dan gaya hidup yang pastinya berbeda dengan di Ibu Kota.

Kabar baiknya, kamu berkesempatan melanjutkan studi ke luar negeri dengan beasiswa dari pemerintah atau swasta. Setelah mengantongi beasiswa, ada tes bahasa yang wajib kamu lewati sebelum resmi menjadi mahasiswa di perguruan tinggi tujuan. Apa saja jenis tes yang dimaksud?

  1. TOEFL/IELTS

Hampir setiap lamaran mempersyaratkan skor tes TOEFL atau IELTS sebagai tolak ukur kemampuanmu berbahasa Inggris. Demikian pun dalam pengajuan beasiswa studi ke luar negeri, kecakapan bahasa Inggris-mu dinilai berdasarkan hasil tes TOEFL atau IELTS.

  1. GMAT

Graduate Management Admission Test (GMAT) ditujukan untuk kamu yang berminat melanjutkan pascasarjana di sekolah bisnis/manajemen. Tes ini akan kamu perlukan saat mendaftar studi ke universitas luar negeri.

  1. GRE

Graduate Record Examination (GRE) merupakan tes komputerisasi yang berlaku di Amerika Serikat dan beberapa negara. Tes ini terdiri dari penilaian tentang verbal, kuantitatif, dan penulisan analitis.

  1. SAT

Tes ini bertujuan menilai kesiapanmu memasuki perguruan tinggi. Assessment didasarkan pada 3 bidang: critical reading , matematika, dan menulis. Bagi calon mahasiswa baru yang memilih studi di luar negeri, jenis tes ini wajib dilewati di hampir seluruh universitas di Amerika Serikat.

 

Nah, kini kamu sudah tahu jenis tes apa yang sesuai untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Namun, tidak berhentu sampai sini saja, kamu perlu melakukan tahap persiapan tes yang berkualitas. Pada tips Edupac sebelumnya, kamu dapat menemukan cara melakukan test preparation secara mandiri. Jika memerlukan program atau kelas khusus bahasa Inggris berbentuk TOEFL preparation, SAT preparation, atau GMAT preparation, pilihlah kursus yang sudah berpengalaman lama menyediakan test preparation.

Kaplan selama 78 tahun terus berinovasi untuk membantu siswa-siswi baru mempersiapkan tes kemampuan bahasa Inggris. Kamu bisa mulai meraih cita-citamu dari Edupac-Kaplan sekarang.

Isi Form berikut ini & dapatkan
Konsultasi Gratis