GRE Preparation: Trik Menguasai Bahasa Inggris agar Lulus Tes Verbal GRE

GRE preparation merupakan cara agar lulus tes GRE dengan optimal. Berdasarkan Educational Testing Service (ETS), Graduate Record Examination test diperlukan untuk mengukur kemampuan menalar verbal, kuantitatif (matematika), analitis, dan kritis. Isi tesnya sendiri terdiri dari soal aljabar, geometri, artimetika, dan kosakata. Tes ini diperlukan sebagai syarat masuk sekolah pascasarjana di luar negeri. Karena itu, buat kamu yang tertarik melanjutkan studi ke luar negeri, tes ini wajib dilalui. Namun, mengingat ada tes verbal yang mengutamakan kemampuan berbahasa Inggris level post-graduate, ini bisa jadi sebuah kendala. Nah, agar kamu terhindar dari hambatan ini, simak tips Edupac berikut ini ya.

Membaca

Membaca punya beberapa manfaat, salah satunya memperbanyak perbendaharaan kata. Untuk menguasai tes GRE verbal, perbanyaklah membaca sumber berbahasa Inggris. Boleh jadi itu majalah Reader’s Digest Asia, koran The Jakarta Post, atau buku-buku fiksi dan nonfiksi. Usahakan referensi yang kamu baca ialah teks panjang karena kemungkinan menemukan kosakata baru lebih banyak.

  • Baca secara Aktif

Sejak di bangku sekolah, kita diajarkan cara menemukan main idea atau topik utama dari sebuah bacaan. Masih ingat? Terapkan cara ini ketika kamu membaca, mulai dari struktur teks sampai dengan opini. Sediakan selalu kamus bahasa Inggris di dekatmu jika memungkinkan. Membaca aktif seperti ini melatih daya analisis dan kritis. Terlibatlah dengan apa yang terjadi di hadapanmu, misalnya beri perhatian lebih pada alur antarparagraf dan keterkaitan antarkalimat. Jika sudah menguasai teknik ini, kamu bisa menghadapi semua teks.

  • Kosakata – Trik Kartu Indeks

Pergunakan kertas kecil semacam index card atau Post It untuk mencatat kata-kata sulit atau idiom yang asing bagimu. Cari artinya di kamus kemudian tulis. Kalau perlu, catat juga pelafalannya. Agar cepat hapal, jangan hanya mencatat. Pergunakanlah kata atau idiom ini dalam satu kalimat bebas yang bisa membantumu memahami maknanya. Jika belum yakin akan cara penggunaannya dalam kalimat, lihat contoh kalimat yang biasanya disertakan dalam kamus online. Biasanya, kamus online menyediakan link lengkap tentang kata atau idiom yang kamu cari. Terpenting, kamu wajib mengetahui bagaimana penggunaan kata itu secara tata bahasa dan konteksnya. Semakin baik kamu berlatih, semakin terasah pula kemampuanmu.

Verbal section pada GRE menilai pemahaman membaca, penalaran kritis, dan penggunaan kosakata. Bagian ini bertipe melengkapi teks, persamaan kalimat, dan bacaan.

Jika kamu berpikir untuk melanjutkan graduate school ke USA, pastikan kamu sudah mengikuti kelas GRE preparation Kaplan yang ada di Jakarta dan Surabaya. Kamu akan diajarkan tentang GRE mulai dari struktur, tipe pertanyaan, dan tentu saja tentang section yang ada dalam GRE.

Isi Form berikut ini & dapatkan
Konsultasi Gratis