2 Cara Melatih Listening Skill yang Berguna dalam TOEFL Preparation

Self-preparation merupakan tahap awal sebelum kamu serius mendalami TOEFL preparation. Tes TOEFL secara umum dibagi menjadi section reading, listening, writing, dan speaking. Section listening membutuhkan konsentrasi untuk menyimak percakapan antara dua orang tentang topik tertentu. Skor yang diberi bernilai 14-21 dengan tingkat kesulitan intermediate. Apabila sekali-dua kali kamu mengikuti tes TOEFL dan menemukan kesulitan untuk menyelesaikan tipe pertanyaan ini, dikarenakan kesulitan menyimak percakapannya, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengasah kemampuan listening-mu. Simak tips Edupac berikut ini.

  1. Dengarkan materi audio dalam bahasa Inggris

Pilihlah materi kesukaanmu, entah puisi, cerita, atau bentuk audio lain yang berbahasa Inggris. Perlahan-lahan, tingkatkan durasi waktu materi yang kamu dengarkan. Simak secara aktif dengan cara membuat pertanyaan dan menjawab what, who, when, where, why, dan how. Setelah itu, dengarkan secara pasif untuk mengetahui gagasan umum tentang apa yang kamu simak.

  • Catat Materi yang Kamu Simak per Hari/Minggu
    Tulis ringkasan gagasan utama yang diingat dalam satu kalimat. Catat bentuk pernyataan, idiom, dan kosakata asing yang kamu dengar.
  • Gunakan uraian dan latihan lain yang membantumu menyimak lebih baikKalau perlu, mintalah pembicara berbahasa Inggris untuk membacakan sebuah artikel kepadamu. Temukan sumber bacaan dari koran, majalah, dan buku teks. Pertama-tama, tulislah yang kamu dengar, hanya poin penting.

 

  1. Berlatihlah bersama teman atau komunitas

Di luaran banyak komunitas bahasa Inggris yang bisa membantumu menyalurkan kemampuan sekarang. Namun, dengan cara lain kamu bisa berlatih bersama teman melalui bermain peran berbahasa Inggris atau mendengarkan informasi umum berbahasa Inggris, semisal jadwal pesawat. Selain cara ini, ajak beberapa teman atau komunitas berbahasa Inggris untuk berlatih menggunakan media, yaitu:

  • Televisi dan film mengandung banyak informasi yang bisa kamu simak. Tonton acara tv di channel National Geographic bersama-sama misalnya, atau streaming video berbahasa Inggris tanpa caption subtitle.
  • Lagu dengan lirik bahasa Inggris. Coba dengarkan lagu bahasa Inggris kemudian tulis teks liriknya menurut yang kamu dengar. Jangan mencontek situs penyedia lirik, seperti azlyrics. Ulanglah lagu hingga tiga kali. Setelah itu, kamu boleh memeriksa ‘pekerjaanmu’ di situs lirik. Jangan lupa catat kosakata asing dan cari artinya.

 

Di samping TOEFL preparation sendiri di atas, kamu bisa mengasah latihan melalui lingkungan akademismu. Misalnya, saat di sekolah, simak cara bicara, intonasi, kata sambung, dan sebagainya yang biasa digunakan dalam percakapan bahasa Inggris. Jangan ragu untuk mengikuti kelas khusus TOEFL preparation untuk mempertajam listening skill ini. Kamu bisa memulai preparation bersama Edupac di Jakarta atau Surabaya.

Isi Form berikut ini & dapatkan
Konsultasi Gratis