Tips TOEFL Preparation: 3 Cara agar Lulus Tes Writing TOEFL

Tes TOEFL bagian Writing memerlukan preparation matang karena bagian ini akan dinilai menurut level intermediate. Apabila ini kali pertamamu mengikuti tes TOEFL iBT ataupun paper-based, kamu akan menyadari dua macam tugas dalam Writing section.

Tugas pertama, menulis ringkasan dari sebuah topik yang disampaikan pembicara secara lisan (integrated task). Tugas kedua, menulis esai (independent task) atau respons atas beberapa tipe pertanyaan. Tes menulis independent task terdiri dari 3 tipe pertanyaan yang harus dijawab dalam bentuk esai.

  • Agree/Disagree. Contoh: Do you agree or disagree with the following statement?
    It is more effective to study in a group than to study alone.
  • Three Choices. Contoh: When choosing a place to live, which of the following factors do you believe is most important? ​availability of jobs/quality of schools/number of parks
  • Preferences. Contoh: Some people believe that high school students should be required to do volunteer work when ​they are not at school, while others believe that they should only focus on academic work. Which do you think is better?

Tes menulis akan menilai seberapa matang kemampuanmu berbahasa Inggris secara tertulis. Karena itu, untuk mendapatkan nilai TOEFL yang bagus, TOEFL preparation-mu juga harus matang. Berikut ini beberapa tips Edupac seputar cara menulis tes TOEFL yang bisa membantu menopang nilai skor TOEFL iBT.

  1. Latihan Menulis Ditemani Batas Waktu

Tulisan yang baik didapat dengan cara yang tidak instan. Mengulang latihan menulis secara terstruktur juga bisa membantumu menulis lebih baik. Setelah menemukan topik yang ingin dibahas, mulailah brainstorming. Gunakan timer untuk membantumu mengingat batas waktu saat brainstorming dan menyusun tulisan, misalnya 1-3 menit untuk brainstorming.

  1. Tuliskan Poin Penting Saja

Tergantung jenis tes TOEFL yang kamu ikuti (internet-based atau paper-based), ada batas jumlah kata yang wajib dipatuhi. Sebenarnya, kamu tak perlu menulis respons terlalu panjang, setidaknya satu paragraf saja sudah cukup. Pastikan esaimu padat dan mengandung peralihan paragraf yang smooth pemisah introduction, body, dan conclusion. Dengan menulis respons singkat, kamu memiliki sisa waktu untuk memeriksa tata bahasa dan kosakata.

  1. Pelajari Tata Bahasa Dasar Bahasa Inggris

Tata bahasa merupakan penilaian penting dalam tes TOEFL writing section. Latihan secara rutin akan membantumu mengenal kata hubung antarklausa, seperti but, however, dan even though. Menggunakan klausa dengan kata hubung akan mendorong skormu ke nilai lebih tinggi.

 

Dengan semua TOEFL preparation mandiri yang sudah kamu terapkan setiap hari, perkuat pemahamanmu tentang writing section TOEFL di kelas TOEFL preparation. Kamu bisa mendaftarkan diri di kelas program TOEFL preparation, fokus TOEFL iBT, di mana simulasi tes online termasuk di dalamnya.

Isi Form berikut ini & dapatkan
Konsultasi Gratis