MENGENAL IDIOM: Break

Bentuk idiom yang paling sering dijumpai dalam bahasa Inggris disusun dari gabungan kata kerja (verb) dan kata depan (preposition). Akan tetapi, struktur-struktur frase pembentuk idiom yang lain juga banyak ditemukan, seperti contoh frase under the weather di atas yang terdiri dari kata depan under dan kata benda the weather. Pada artikel ini, idiom yang diulas adalah frase yang menggunakan kata kerja break. Seperti telah diketahui, kata tersebut memiliki arti merusak, memecahkan, atau mematahkan. Namun makna apa saja yang bisa kita dapat jika verb tersebut diiikuti oleh pelbagai bentuk preposition? Frase-frase di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

 

  1. break down

Secara sederhana, makna dari frase kata kerja di atas adalah rusak. Penggunaan frase ini umumnya berkaitan dengan bidang mesin. Contoh pemakaiannya dalam kalimat adalah My car broke down last week. (Mobil saya rusak minggu lalu).

 

  1. break in (on)

Penggunaan break in (on) dimaknai sebagai suatu ‘perbuatan’ atau ‘tindakan’ menginterupsi/menyela pembicaraan atau kegiatan yang biasanya dilakukan secara tiba-tiba. Pemakaiannya dapat diilustrasikan sebagai berikut: I was discussing with my teacher when a student broke in on our conversation. (Saya sedang berdiskusi dengan guru saya saat seorang murid menyela percakapan kami)

 

  1. break the ice

Break the ice bermakna upaya untuk mengawali suatu percakapan yang biasanya bertujuan untuk menghilangkan rasa canggung di antara para pembicara atau usaha untuk menghidupkan suasana pada keadaan tertentu. Contoh: He tried to break the ice during the party, but no one was interested in having conversation with him. (Dia mencoba untuk menghidupkan suasana, tapi tak seorang pun berminat untuk bercakap-cakap dengannya).

 

  1. break the news (to)

Kita bisa menggunakan frase di atas untuk mengabarkan suatu hal—yang biasa buruk—telah terjadi. Contohnya: I hate to break the news, but you must know the truth. (Aku benci menyampaikan kabar buruk, tapi harus tahu kebenarannya).

 

  1. break up

Ada istilah yang bisa menjadi varian dari kata end atau berakhir/usai, yakni break up. Salah satu contoh penggunaannya dalam sebuah kalimat adalah What time did the workshop break up yesterday? (Pada pukul berapa pelatihannya berakhir kemarin?).

 

  1. break up (with)

Idiom ini kerap terdengar di kalangan remaja zaman sekarang, khususnya mereka yang berasal dari kalangan urban sekaligus akrab dengan media sosial. Maknanya adalah berakhir/mengakhiri hubungan atau putus hubungan. Konteks hubungan yang dimaksudkan biasanya merujuk pada hubungan asmara meskipun tak selalu hubungan semacam itu. Ilustrasinya dalam kalimat: Jack just broke up with Jill. (Jack baru saja putus (hubungan asmara) dengan Jill)

Isi Form berikut ini & dapatkan
Konsultasi Gratis