MENGENAL IDIOM: Look #2

Pada artikel sebelumnya telah dibahas 5 idiom yang menggunakan kata look. Masih dengan kata yang sama, artikel ini mengulas 5 idiom yang lain.

 

1.   look out (for)

Persamaan dari ungkapan di atas be careful atau protect. Makna berhati-hati atau melindungi pada frase tersebut dapat berlaku secara luas. Artinya, look out bisa dimaksudkan untuk mewakili makna menjaga. Selain itu, ia juga dapat berarti kata ekspresi yang menyerukan untuk berhati-hati yang semakna dengan kata Awas!.Dua contoh penggunaannya antara lain: (1) A man must look out for his family. (Seorang lelaki harus menjaga/melindungi keluarganya.) dan (2) Look out! There’s a snake next to you!)

 

2.   look over

Ungkapan look over mewakili kata examine atau read. Kata-kata ini umum digunakan pada konteks yang mendekati makna mencermati. Penggunaanya pada sebuah kalimat dapat dicontohkan sebagai berikut: Bambang is looking over the new contract before deciding to sign it. (Bambang sedang mencermati kontrak yang baru sebelum memutuskan untuk menandatanganinya.)

 

3.   look up

Ekspresi ini mempunyai arti mencari atau menelusuri informasi dari sebuah sumber (umumnya sebuah buku). Contoh penggunaanya adalah Joko was reading that very thick book to look up the right theory for his research. (Joko sedang membaca buku yang sangat tebal itu untuk penelitiannya.)

 

4.   look up to

Meskipun hampir sama dengan frase sebelumnya (look up), makna yang dikandung look up to menjadi berbeda karena kehadiran kata depan to pada akhir frase. Hasil terjemahannya mewakili kata respect atau menghormati dan admire atau mengagumi. Namun dalam penggunaan sesungguhnya, frase look up to kerap mencerminkan gabungan kedua makna tersebut, yakni menghormati sekaligus mengagumi. Contohnya dalam kalimat adalah: Nowadays, young people look up to celebrities seen on Instagram. (Kini, anak-anak muda mengagumi para selebriti di Instagram.)

 

5.   look down (on)

Apabila diterjemahkan secara harfiah (per kata), look down diartikan melihat (ke) bawah. Untungnya makna dari frase tersebut tidak terlampau jauh dengan arti harfiah itu, yaitu merendahkan atau memandang rendah. Kalimat yang mengilustrasikan cara penggunaannya ialah His classmates look down on him because he is poor. (Teman-teman sekelasnya memandang rendah dirinya karena dia miskin.)

 

Isi Form berikut ini & dapatkan
Konsultasi Gratis