JENIS-JENIS KATA DALAM BAHASA INGGRIS (Parts of Speech) #2

Pada ulasan sebelumnya telah diuraikan 4 jenis kata, yaitu: noun, pronoun, verb, dan adjective. Empat jenis kata yang berikutnya antara lain:

 

  1. ADVERB (adverbia atau kata keterangan)

Adverb menjelaskan adjective atau adverb yang lain. Jenis kata ini menjadi keterangan yang merujuk waktu (when), tempat (where), dan bagaimana (how). Contoh kalimat yang di dalamnya terdapat petunjuk keterangan waktu ialah Ronaldo moved to Italy yesterday. Kata yesterday berfungsi sebagai adverb yang menjawab pertanyaan when. Sedangkan pada contoh yang lain: He stays here, kata here menjelasakan tentang keterangan tempat (where). Sementara pada kalimat: John walks slowly, mencontohkan bahwa kata slowly merupakan kata keterangan cara yang menegaska tentang bagaimana John berjalan. Hasil terjemahanya: John berjalan secara perlahan.

 

  1. CONJUNCTION (kata penghubung)

Kegunaan dari conjunction adalah sebagai kata penghubung antar kata, antar frase, antar kalimat, atauantar paragraf. Beberapa contoh conjunction antara lain: and, or, but, because, even though, therefore, dan lain-lain. Adapun penggunaannya dalam sebuah kalimat dapat diilustrasikan sebagai berikut: Lily’s hobbies are reading, singing, and dancing. Kata and pada kalimat tersebut memiliki fungsi sebagai penghubung antar kata, yaitu singing dan dancing. Contoh yang lain terdapat pada penggunaan kata because berikut ini: The children didn’t want to go out because it was raining hard outside. Kata because berfungsi sebagai penghubung antar kalimat.

 

  1. PREPOSITION (kata depan)

Sebuah preposition menghubungkan dengan noun atau pronoun. Pada umumnya preposition membantu penyebutan waktu (time), tempat (place), atau hubungan (relationship). Beberapa bentuk preposition, seperti: at, in, out, on, off, with, without, of, for, to, dan sebagainya. Contoh-contoh penggunaan preposition dapat terlihat jelas pada kalimat-kalimat berikut: She lives in an apartment; Kate will come at seven o’clock in the morning; dan He broke the window glass with a hammer. Wujud preposition adalah kata-kata yang bergaris bawah.

 

  1. DETERMINER

Secara harfiah, determiner memiliki arti penentu. Ia memiliki fungsi sebagai penentu atau pembatas bagi noun (kata benda). Pada umumnya, determiner terkait dengan jumlah noun. Salah satu jenis determiner adalah article (sejenis kata sandang), yang terdiri dari indefinite article, yakni a atau an; dan definite article, yaitu the. Penggunaanya dapat disimak dalam contoh kalimat berikut: Henry bought a new laptop. The laptop was so expensive. Beberapa bentuk lain dari determiner merujuk pada jumlah noun yang dimaksudkan dalam kalimat, seperti some, many, much, few, dan little.

Isi Form berikut ini & dapatkan
Konsultasi Gratis