JENIS-JENIS KATA DALAM BAHASA INGGRIS (Parts of Speech)

Seperti dalam bahasa Indonesia, kata-kata dalam bahasa Inggris juga digolongkan berdasarkan pada jenisnya. Penggolongan itu disebut dengan istilah Parts of Speech yang terkategorikan sebagai berikut:

 

  1. NOUN (nomina atau kata benda)

Sederhananya, noun adalah kata yang mewakili sesuatu atau seseorang, seperti benda, orang, binatang, tumbuhan, tempat, ide atau konsep, dan lain-lainnya yang bisa diterima oleh pancaindra ataupun bisa dijelaskan. Contoh: book, apple, Soekarno, Samsung, Honda, story, history, information, ideology, Kaplan, Jakarta, matahari, bulan, bintang, dan sebagainya. Noun bisa berfungsi sebagai Subject dan Object dalam suatu kalimat. Sebagai ilustrasi, pada kalimat Henry has a horse, noun Henry berfungsi sebagai Subject dan noun a horse merupakan Object.

 

  1. PRONOUN (pronomina atau kata ganti)

Sebuah Pronoun memiliki fungsi untuk mengganti noun. Dengan kata lain, ketimbang menyebutkan sesuatu atau seseorang secara eksplisit, Pronoun lebih dipilih untuk digunakan dalam sebuah kalimat. Misal, alih-alih menggunakan kalimat Johnny learns French. Subjek Johnny pada kalimat diganti dengan pronoun He. Kalimat tersebut akhirnya menjadi: He learns French. Contoh lain adalah dengan mengubah kata French menjadi pronoun it sehingga menjadi He learns it. Adapun macam-macam Pronoun apabila berfungsi sebagai Subject, antara lain: I, you, they, we, he, she, dan it. Sedangkan sebagai Object, Pronoun berupa: me, you, them, us, him, her, dan it. Selain Subect Pronoun dan Object Pronoun masih terdapat beberapa macam Pronoun yang lain.

 

  1. VERB (verba atau kata kerja)

Verb menjadi penentu keberadaan suatu kalimat. Sepanjang apapun rangkaian kata-kata apabila tidak memiliki Verb, maka ia tidak dapat disebut sebagai kalimat. Verb dalam suatu kalimat disebut juga Predikat (predicate). Pada bentuk kalimat positif, Verb umumnya diletakkan setelah Subject. Pada contoh susunan kata I love you, kata I berfungsi sebagai Subject, love merupakan Verb, dan you adalah Object. Oleh sebab itu, rangkaian kata itu dapat dianggap sebagai sentence atau kalimat karena telah memenuhi persyaratan yang diperlukan, yakni adanya Subject dan Verb yang berfungsi dengan tepat.

 

  1. ADJECTIVE (adjektiva atau kata sifat)

Adjective memberikan sifat pada Noun atau Pronoun. Fungsi tersebut bisa dicontohkan dalam kalimat berikut ini: She is beautiful. Kata beautiful merupakan Adjective yang berfungsi sebagai penjelas Pronoun She. Contoh lainnya: Alphard looks expensive. Kata expensive menjadi penjelas Subject Alphard.

Isi Form berikut ini & dapatkan
Konsultasi Gratis