Persiapkan 3 Hal Ini untuk Studi ke Luar Negeri

Impian apa yang kamu ingin wujudkan ke depan? Setelah lulus sekolah atau kuliah, tak jarang banyak yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Biasanya, memperoleh beasiswa (scholarship) menjadi langkah pertama yang ditempuh. Cara-cara positif pun siap kamu kerahkan, seperti kursus TOEFL Preparation. Namun, jalan menuju studi luar negeri tak begitu saja mudah. Di luar syarat formal yang harus kamu penuhi setelah berhasil mendaftar di institusi impian, ada beberapa hal yang tak kalah penting kamu persiapkan. Apa saja?

1. Bahasa

Paling penting adalah bahasa. Untuk menjamin kelancaran berkomunikasi, kamu membutuhkan kemampuan lebih dalam berbahasa internasional yang universal, yaitu bahasa Inggris. Mempelajari bahasa Inggris tak cukup di sekolah formal, kamu juga perlu pendidikan informal seperti tempat kursus bahasa Inggris.

Di mana pun kamu saat studi di luar negeri, bahasa Inggris adalah bahasa wajib untuk berkomunikasi. Persiapkan kecakapan berbahasa Inggris mulai sekarang, khususnya berbicara (speaking) dan menyimak (listening).

2. Kenali Negara yang Bersangkutan

Sebelum mantap lanjut studi ke luar negeri, kenali terlebih dahulu negara tujuanmu. Pelajari kebudayaannya, cuaca, makanan, dan sebagainya. Pasti ada alasan yang membuatmu memilih negara itu, kan. Adaptasi yang baik akan membantumu bertahan di sana.

3. Berlatih TOEFL PreparationTest

Sebagai permulaan untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris, tes TOEFL bisa kamu ikuti. Sebelum itu, kamu bisa memilih kursus yang khusus mengajarkan TOEFL preparation terdekat. Sambil mencari, kamu bisa menemukan info seputar TOEFL preparation, GMAT, GRE, SAT, atau IELTS melalui Kaplan Test Prep Online. Nah, jika sudah menguasai preparation-nya, kamu dapat menguji kemampuan di TOEFL ITP test center.

Tak kalah penting ialah mengenali jenis tes yang wajib dilakukan saat penerimaan (admission). Misalnya, di Amerika Serikat ada tes penerimaan standar yang digunakan di perguruan tinggi, yaitu SAT (Scholastic Assessment Test). Untuk menghadapi SAT, kamu memerlukan SAT preparation. Agar maksimal, temukan kursus yang menyediakan simulasi tes online. Simulasi yang mirip dengan tes sesungguhnya dapat membantumu mengukur nilai skor yang didapat, seperti Kaplan Preparation Edupac.

 

Nah, sudah siapkah kamu untuk studi ke luar negeri? Pastikan persiapan dasar tersebut sudah kamu lakukan secara maksimal.

Isi Form berikut ini & dapatkan
Konsultasi Gratis