Tips GMAT Preparation untuk Melanjutkan S-2 di Luar Negeri

Berencana melanjutkan S-2 ke luar negeri? Kamu perlu GMAT preparation. Graduate Management Admission Test (GMAT) ialah tes penerimaan untuk melanjutkan S-2 di negara tujuan. Jadi, apabila kamu adalah mahasiswa lulusan S-1 yang ingin melanjutkan jenjang S-2 di luar negeri, lulus tes GMAT merupakan langkah pertama. Di samping itu, sudahkah kamu menyusun persiapan menjelang penerimaan masuk perguruan tinggi di luar negeri? Berikut ini beberapa langkah persiapannya.

Buat Rencana Jelas

Entah 1-2 tahun ke depan atau 3-5 tahun ke depan, sebelum mantap memilih rencana studi ke luar negeri, bulatkan keputusan kemudian cari informasi lengkap mengenai GMAT Preparation. Idealnya, GMAT preparation dilakukan 3 bulan sebelum tes, atau minimal 6-8 bulan sebelum deadline pendaftaran S-2 di tempat pilihanmu.

Daftar Tempat Kursus GMAT Preparation

Pada saat tes, kamu akan berhadapan dengan bermacam tipe soal dari tiap section. Sekadar menyegarkan ingatan, tes GMAT berupa computer adaptive test (CAT) yang bertujuan menilai kemampuan analitis, menulis, kuantitatif, verbal, dan membaca dalam Bahasa Inggris. Karena itu, kamu perlu mempelajari tak hanya seputar tes GMAT, melainkan juga mengasah kemampuan bahasa Inggris-mu.

Berlatih Mengerjakan Tes Simulasi

Dengan berlatih simulasi sendiri secara rutin, kamu akan terbiasa melatih otak untuk menyelesaikan soal-soal GMAT. Bukan hanya menjadi familier dengan soal-soal sulit sekalipun, melainkan juga semakin efektif menggunakan waktu. Sebab, tes GMAT mempergunakan batasan waktu dalam pengerjaannya. Jadi, jika kamu tak sempat menyelesaikan seluruh pertanyaan akan mengurangi kesempatan mendapatkan skor tinggi.

Pelajari Seluk Beluk GMAT dari Basic

Melupakan fundamental atau dasar-dasar pelajaran GMAT sebaiknya dihindari. Meskipun tes GMAT memerlukan penalaran tingkat lanjut, kamu tetap perlu memahami dasar-dasarnya terlebih dahulu. Dengan pemahaman penuh, tentu lebih maksimal mengerjakan seluruh soal.

Jika semua rencana dan tips belajar sudah dilakukan dengan baik, sekarang saatnya kamu menemukan jadwal tes GMAT terdekat. Kamu dapat memulainya dengan GMAT Kaplan. Kaplan sudah dipercaya berpengalaman lebih dari 75 tahun sehingga kompetensi bahasa Inggris-mu akan optimal setelah belajar di sini. Setelah menyelesaikan kursus preparation, rencana studi ke luar negeri pun semakin lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *